Bupati Semarang H Ngesti Nugraha memotong tumpeng acara Grebeg Seribu Tumpeng Kenduri Banyu di Kelurahan Kupang, Ambarawa, Kamis (17/8/2023). FOTO:UNGARANNEWS

AMBARAWA. UNGARANNEWS.COM- Bupati H Ngesti Nugraha mengajak warga untuk terus merawat persatuan dalam mengisi Kemerdekaan RI. Hal itu dikatakan di hadapan ratusan warga yang memadati Grebeg Seribu Tumpeng Kenduri Banyu yang digelar Kelurahan Kupang, Ambarawa, Kamis (17/8/2023).

“Mari kita selalu merawat NKRI dengan terus merajut persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman. Beraktivitas dengan nyaman serta turut aktif dalam mengambil bagian untuk merawat persatuan dan kesatuan bangsa. Indonesia terbentuk dari keberagaman yang diikat dalam sebuah ikatan NKRI,” ujarnya.

Plt Lurah Kupang, Irsad menjelaskan grebeg digelar dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI. Kegiatan yang sudah kedua kali ini dimaknai sebagai ungkapan rasa syukur warga atas nikmat kemerdekaan bangsa.

“Grebeg merupakan wujud rasa syukur masyarakat Kelurahan Kupang dan sekitarnya atas karunia dan berkah didapatkan dari Allah SWT, terutama karunia Kemerdekaan untuk bangsa ini. Sebagai pewaris bangsa kita tinggal mengisi dalam wujud turut serta dalam pembangunan,” jelas Irsad.

Grebeg ratusan warga berpawai membawa tumpeng diiringi barisan penari tradisional dan warga yang mengenakan pakaian adat. Mereka berjalan menyusuri Jalan Baru di belakang Pasar Projo, Ambarawa sepanjang kurang lebih tiga kilometer. Selain tumpeng, sebanyak 13 pengurus Rukun Warga membawa kendi berisi air sebagai lambang kemakmuran bersama. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here