Bupati Semarang H Ngesti Nugraha menghadiri Festival Bunga Bandungan. FOTO:UNGARANNEWS

BANDUNGAN. UNGARANNEWS.COM- Festival Bunga Bandungan 2023 berlangsung semarak dan sukses. Keberhasilan helat spektakuler ini mendapat apresiasi dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang datang langsung untuk menyaksikan. Ia mengaku kagum atas kemeriahan ditampilkan, meski event ini baru kedua kalinya digelar.

“Meski baru dingelar untuk kali yang kedua namun kegiatan ini sangat berdampak positif bagi masyarakat. Selain menjadi daya tarik wisata, kegiatan ini juga dapat membawa dampak positif khususnya kepada para petani bunga di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang,” ujar Ganjar, Minggu 13 Agustus 2023.

Ganjar Pranowo pun mendukung festival bunga yang diselenggarakan secara swadaya oleh masyarakat ini nantinya akan diangkat menjadi agenda tahunan. Selanjutnya, ia siap membawa agenda festival ini ke tingkat nasional dengan kolaborasi bersama pelaku seni di Indonesia.

Usai memerikan sambutan, Ganjar terlihat menyapa warga masyarakat dengan sangat akrab. Ia turut berbaur dalam barisan kelompok kesenian yang mengikuti pawai. Belasan mobil dihiasi bunga berbentuk aneka ornamen dan replika seperti bentuk masjid dan burung raksasa menyatu dalam iring-iringan.

Karnaval dimulai dari Kantor Kecamatan Bandungan, melewati Alun-Alun Bandungan hingga berhenti di Pasar Bunga Jetis. Terlihat barisan warga yang berjalan kaki menampilkan berbagai kesenian dalam arak-arakan yang serba hiasan bunga.

Beberapa di antaranya menampilkan tari-tarian tradisional seperti topeng ireng, jatilan, tari modern dipadu pakaian tradisional, aksi drum band, ular naga liong, dan lain sebagainya. Terlihat juga Bendera Merah-Putih sepanjang sekitar 50 meter yang dibentangkan ikut dalam arak-arakan.

Ribuan warga memadati area Alun-Alun Bandungan dan sepanjang tepi jalan rute pawai. Mereka datang dari berbagai penjuru wilayah Kabupaten Semaran, bahkan wisatawan dari berbagai daerah sekitar Semarang turut menyaksikan gelaran spektakuler ini.

Ketua pelaksana Festival Bandungan, Endro Pranoto menguturkan terdapat 13 mobil berhias aneka bunga cantik mengikuti pawai. Selain itu ada pula 12 kelompok kesenian dan ratusan partisipan dari warga Bandungan.

“Kegiatan ini sebagai jawaban kesiapan kami akan tantangan untuk mengenalkan festival ini di tingkat nasional. Dukungan penuh dan swadaya para petani bunga menjadi modal kuat dalam penyelenggaraan karnaval ini. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mensupport dan berpartisipasi,” kata Endro yang juga sebagai Ketua Persatuan Pedagang Petani Bunga Bandungan (P3BB) tersebut.

Bupati Semarang H Ngesti Nugraha sangat mengapresiasi diadakan Festival Bunga Bandungan. Adanya acara ini potensi bunga yang dimiliki alam Bandungan akan semakin dikenal masyarakat luas. Diharapkan menjadi nilai tambah bagi daya tarik wisata di Bandungan, selain alamnya yang indah juga menyajikan aneka macam bunga yang indah.

“Harapan ke depan bunga Bandungan semakin dikenal tidak hanya untuk keperluan hajatan atau hiasan ruangan. Tadi ada sirup dari bunga Krisan juga rempeyek bunga Mawar rasanya enak dan mantap. Ini harus juga dikembangkan menjadi nilai tambah wisata edukasi dan kuliner,” tambahnya. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here