Bupati Semarang H Ngesti Nugraha memberikan sambutan acara pagelaran wayang kulit Bersih Dusun Bulak Desa Mukiran, Kecamatan Kaliwungu. FOTO:UNGARANNEWS

KALIWUNGU. UNGARANNEWS.COM- Tradisi Bersih Dusun Bulak Desa Mukiran, Kecamatan Kaliwungu berjalan lancar dan khidmat. Puncak kegiatan digelar pagelaran Wayang Kulit dihadiri Bupati Semarang H Ngesti Nugraha dan jajaran Forkompincam pada tanggal 24 Agustus 2023 malam.

Berbagai kegiatan dilaksanakan diawali mengadakan kenduri, mengirim doa bersama dan acara pertujukan hiburan. Pagelaran Wayang Kulit diadakan bersamaan tirakatan menjelang perayaan 1 Muharram 1445 atau 1 Suro. Antusias warga terlihat dari banyaknya penonton yang menyaksikan Wayang Kulit.

Kepala Desa Mukiran, Sony Purwono mengatakan tradisi Bersih Dusun merupakan perayaan tahunan diadakan masyarakat Dusun Bulak. Tidak hanya di Bulak, masyarakat dusun lainnya di Mukiran juga mengadakan dengan kegiatan sesuai dengan kemampuan swadaya masyarakat, ada yang menggelar meriah ada juga yang sederhana.

“Tradisi Bersih Dusun memiliki makna spiritual sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas hasil panen yang telah didapatkan masyarakat. Juga memohon perlindungan dari hal-hal negatif dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Bupati Semarang H Ngesti Nugraha mengucapkan selamat kepada warga Dusun Bulak atas hasil panen dan limpahan rezeki yang telah diterima. Melalui kegiatan ini masyarakat diajak berdoa bersama untuk kemudahan mendapatkan rezeki yang melimpah, senantiasa diberi keselamatan, dan ketentraman di tahun kedepan yang akan dijalani. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here