Kapolres Semarang AKBP Ari Wibowo (kiri) saat melakukan pengecekan rumah warga tertimpa longsor di Kaligawe, Kelurahan Susukan, Kabupaten Semarang, Senin (18/1/2021). FOTO:UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. UNGARAN TIMUR- Kapolres Semarang AKBP Ari Wibowo didampingi pejabat utama Polres dan jajaran melakukan kegiatan pengecekan bencana tanah longsor yang menimpa rumah salah satu warga di Desa Kaligawe, Kelurahan Susukan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Senin (18/1/2020).

Turut dalam kegiatan Ketua DPRD Kabupaten Semarang Bondan Marutohening, Kepala BPBD Kabupaten Semarang Heru Subroto, Camat Ungaran, serta relawan dan karang taruna.

Sasaran pengecekan selain titik lokasi kejadian bencana alam di lahan rumah yang tertimpa longsor, juga lahan sekitar yang dikhawatirkan rawan menimbulkan longsor susulan. Diduga kejadian longsor disebabkan cuaca ekstrim berupa hujan deras yang berlangsung cukup lama.

“Terdapat 1 unit rumah Warga yang tertimbun longsor mengenai bagian ruang tamu. Kejadian menyebabkan dinding rumah jebol, dan atap mengalami kerusakan. Kerugian akibat kejadian ditaksir sekitar. 10 juta,” jelas Kapolres semarang. Baca Juga: Hujan Deras 3 Jam di Ungaran, Perkampungan Meteseh Banjir, 1 Rumah Warga Ungaran Timur Tertimpa Longsor

Dalam kesempatan ini, Kapolres mengimbau masyarakat Kabupaten Semarang untuk lebih berhati-hati dan mewaspadai cuaca ekstrem yang tengah berlangsung. Dia berharap bencana tidak terulang lagi masyarakat selalu diberi keselamatan dan kesehatan.

Diberitakan sebelumnya, hujan deras mengguyur kota Ungaran pada Minggu (17/1/2021) siang menyebabkan longsor dan banjir di sejumlah tempat di wilayah Ungaran Timur dan wilayah perbatasan di Kota Semarang.

Dilaporkan bangunan rumah milik Khotimah (55) warga Dusun Kaligawe RT 5 RW 5 Kelurahan Susukan, Kecamatan Ungaran Timur hancur tertimpa tebing longsor. Kejadian menyebabkan teras dan ruang tamu seluas 7 x 3 meter hancur. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian, namun sebanyak 5 anggota keluarganya terpaksa mengungsi sementara ke rumah tetangga. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here