UNGARANNEWS.COM. BANGKOK- Laga ketiga Indonesia di Grup B yang dihelat di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11/2018) malam WIB. Hasil Indonesia kurang menggembirakan, kembali menelan kekalahan kedua di fase grup Piala AFF 2018 ini, meski sempat unggul duluan. Skuat Garuda takluk 2-4 dari Thailand.

Indonesia melakukan beberapa perubahan termasuk memainkan Awan Setho di bawah mistar, lalu Riko Simanjuntak sebagai starter, dan mengembalikan Stefano Lilipaly serta Zulfiandi ke starting XI.

Indonesia unggul lebih dahulu berkat gol Zulfiandi pada menit ke-29. Gol ini diawali umpan Evan Dimas dari pojok pertahanan lawan. Ia mengoper ke arah belakang, pada Zulfiandi yang bebas di luar kotak penalti. Zulfiandi kemudian melakukan tembakan keras dari jarak 25 meter yang berbuah gol.

Thailand membalas pada menit ke-37 lewat gol yang tercipta langsung dari tendangan penjuru. Tendangan sudut Korrakot Wiriyaudomsiri gagal dijangkau kiper Awan Setho, membentur tiang jauh, dan bersarang ke gawang Indonesia.

Thailand kemudian berbalik unggul pada injury time babak pertama. Tendangan keras pemain Thailand sempat dibedung Awan Setho, bola gagal diusir bek Indonesia sehingga terjadi kemelut di depan gawang. Pansa Hemviboon kemudian membawa Thailand unggul 2-1.

Di babak kedua, Thailand tampil lebih dominan. Mereka menambah dua gol lewat Adisak Kraisorn (65) dan Anand Pokkhao (74). Indonesia kemudian hanya mampu mengecilkan kedudukan lewat Fachruddin pada menit ke-89. Skor akhir 4-2 untuk keunggulan Thailand.

Kekalahan ini membuat Indonesia makin kecil peluangnya atau kalau tidak boleh dibilang sudah habis untuk melaju ke semifinal. Sebab Indonesia baru mengumpulkan tiga poin dari tiga laga dan hanya menyisakan satu laga kandang kontra Filipina pekan depan.

Indonesia di posisi keempat, di bawah Singapura (3 poin) dan Filipina (6 poin). Filipina sendiri menang 3-2 atas Timor Leste dan baru bermain dua kali. Sementara, Thailand kukuh di posisi pertama dengan enam poin dari dua laga. (bdi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here