UNGARANNEWS.COM. PURBALINGGA-  Pemkab Kabupaten Purbalingga melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) setempat menebar bibit ikan sebanyak 8.000 ekor dengan ukuran 5-7 cm di sungai Gringsing Kelurahan Bojong, Kecamatan Purbalingga.

Penebaran ini merupakan rangkaian kegiatan rutin setiap tahun yang tahun ini dianggarkan untuk pembelian bibit sebesar Rp 175 juta. Penebaran dipimpin oleh Kasi Pengembangan Nelayan Kecil dan Perijinan, Hari Setyati bersama warga Bojong khususnya warga RT 03 RW 02.

“Penebaran bibit ikan berasal dari APBD Purbalingga dengan anggaran sebesar Rp 175 juta untuk satu tahun anggaran. Pada Januari 2019 telah dilakukan penebaran di 3 lokasi dengan jumlah ikan sebanyak 22 ribu ekor,” ujarnya di sela sela kegiatan, hari ini.

Menurut Hari,  penebaran pada bulan Februari ada di 8 lokasi yang tersebar di seluruh wilayah Purbalingga dengan jumlah ikan sebanyak 102 ribu ekor. Bibit ikan yang ditebar berjenis nila dan melem.

“Dipilih kedua jenis ikan tersebut karena telah direkomendasikan untuk perairan umum,” jelasnya.

Tujuan penebaran bibit ikan, dijelaskan lebih lanjut, untuk merestoking ikan di perairan umum, karena populasinya dari tahun ke tahun semakin berkurang.

Hal diakibatkan adanya pemancingan, pemotasan dan penyetruman serta penangkapan menggunakan jaring dengen lebar 1 inci.

“Melalui penebaran ikan diharapkan dapat melestarikan ikan pada habitatnya dan nantinya akan bisa meningkatkan nilai tambah bagi warga sekitar jika ikan tersebut besar dan bisa ditangkap untuk meningkatkan nilai gizi masyarakat,” tandasnya. (HMS/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here