Foto Calon Bupati Semarang H Ngesti Nugraha pemenang Pilkada Kabupaten Semarang 2020. FOTO:IST/UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. UNGARAN BARAT- Pasangan Calon Bupati (Cabup) dan Wakil Bupati (Cawabup) Semarang, H Ngesti Nugraha-H Basari (Ngebas) telah ditetapkan KPU Kabupaten Semarang memperoleh suara 67,1 persen dalam Pilkada Kabupaten Semarang 2020, Selasa (15/12/2020).

Perolehan suara paslon nomor urut 2 ini jauh mengungguli pesaingnnya paslon Hj Bintang Narsasi-H Gunawan Wibisono (Bison) hanya mendapatkan 32,9 persen. Kemenangan diraih Ngebas tidak lepas dari popularitas Cabup Ngesti Nugraha yang dikenal masyarakat Kabupaten Semarang sosok yang merakyat dan sederhana dalam kesehariannya.

Catatan wartawan UNGARANNEWS.COM ketika mengikuti kegiatan Ngesti Nugraha sebelum masa kampanye Pilkada, pada pertengahan bulan September lalu, sempat ditunjukkan foto yang akan dicetak untuk alat peraga kampanye (APK). Terlihat dalam foto Ngesti Nugraha mengenakan pakaian resmi berbaju putih berdasi, lengkap dengan jas dan peci, seperti foto yang digunakan untuk kampanye dan surat suara.

Melihat foto tersebut sedikit ada yang mengganjal, stereotip kedua mata Wakil Bupati (Wabup) Semarang itu terlihat sedikit menyipit. Saat itu wartawan sampaikan ekspresi wajahnya terlihat kurang lepas seperti ada yang ditahan (lihat di foto berita ini, red).

Diakuinya, ternyata pengambilan foto tersebut bukan di studio seperti kebiasaan calon lainnya, bahkan tanpa melalui persiapan matang. Pengambilan foto untuk momen penting tersebut ternyata dilakukan asisten pribadinya menggunakan ponsel. Lokasi pemoretan di halaman rumah dinas Wabup Semarang saat sore hari.

“Tadi pas mengambil fotonya sudah sore, menghadap ke arah matahari agar wajah terkena sinar matahari. Tapi malah mata saya mblereng (silau, red) menahan cahaya matahari, jadi menyipit,” ujarnya kala itu sembari tertawa.

Ketika menawarkan mengulang foto lagi untuk mengambil gambar wajah yang tersenyum lepas, Ngesti Nugraha hanya tersenyum ia menilai foto tidak harus terlalu detil asal yang terlihat wajahnya.

“Sudah mau dicetak untuk APK, tidak apa begitu (menyipit, red) yang penting orang tahu itu foto saya. Bismillah wae,” tuturnya sambil tersenyum yang saat itu didampingi Ketua Tim Pemenangan Ngebas, Bondan Marutohening. Baca Juga: Dok!! KPU Kabupaten Semarang Tetapkan Ngesti-Basari Raih 67,1 Persen Suara

Cerita Ngesti Nugraha, pemotretan foto tersebut memang dilakukan spontan, ketika tim kampanye menelepon meminta foto terbaru yang akan digunakan untuk APK dan surat suara. Ia pun segera memakai baju putih berdasi, lengkap dengan jas dan peci. Lalu menuju ke halaman dan meminta asisten memfotonya.

“Ya begitulah pak Ngesti, apa adanya tidak mengada-ada. Foto penting pun pemotretannya biasa-biasa saja, menggunakan ponsel dan di halaman rumah dinas. Waktu itu memotretnya tidak banyak, hanya beberapa saja begitu dilihat sudah bagus ya sudah,” ungkap salah satu ajudan Wabup Ngesti Nugraha, Wisnu.

Diberitakan sebelumnya, Hasil rapat pleno rekapitulasi KPU Kabupaten Semarang mengumumkan pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Semarang H Ngesti Nugraha dan H Basari (Ngebas) unggul dari paslon Hj Bintang Narsasi – Gunawan Wibisono (Bison). Baca Juga: Paslon Ngebas Sampaikan Rumah Dinas Bupati untuk Rumah Aspirasi Rakyat

Perolehan suara Ngebas tidak berbeda jauh dari rekapitulasi real count dibuat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Semarang. Berdasarkan rekapitulasi KPU paslon nomor urut 02 ini meraih sebanyak 386.222 suara atau 67,1 persen. Jauh meninggalkan paslon Bison yang memperoleh 189.264 suara atau 32,9 persen.

“Penghitungan rekapitulasi KPU paslon Ngebas memperolehan suara paling banyak 386.222 suara, sedangkan paslon Bison mendapat 189.264 suara. Hasil perolehan keseluruhan sebanyak 575.486 suara sah,” ujar Ketua KPU Kabupaten Semarang, Maskup Asyadi, Selasa (15/12/2020) malam. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here