Ganjar Pranowo mengumumkan penetapan UMK Jawa Tengah tahun 2023 di Pabrik PT HWI 2, Kabupaten Pati, Rabu (7/12/2022). FOTO:IST

PATI. UNGARANNEWS.COM- Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) tahun 2023 Kota Semarang sebesar Rp Rp 3.060.350,57. tertinggi dibandingkan daerah lain di Jawa Tengah. Adapun UMK terendah yakni Kabupaten Banjarnegara sebesar Rp1.958.169,69.

Penetapan UMK Jawa Tengah tahun 2023 itu, diumumkan Gubernur Ganjar Pranowo saat berkunujung di Pabrik PT HWI 2, Kabupaten Pati, Rabu (7/12/2022).

Ganjar mengatakan Penetapan UMK ini berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI No. 18 tahun 2022 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2023.

“Penetapan UMK memperhatikan inflasi provinsi, pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota serta nilai alfa,” kata Ganjar dalam konferensi persnya.

Nilai alfa merupakan wujud indeks tertentu yang menggambarkan kontribusi tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi dengan nilai tertentu dalam rentang tertentu yaitu 0,10 sampai dengan 0,30.

“Penentuan nilai alfa harus mempertimbangkan produktivitas dan perluasan kesempatan kerja. Data yang digunakan dalam penghitungan penyesuaian nilai upah minimum menggunakan data yang bersumber dari lembaga yang berwenang di bidang statistik yaitu Badan Pusat Statistik,” ujarnya.

Ini daftar UMK 2023 di 35 kabupaten/kota se-Jateng. FOTO:IST/UNGARANNEWS

Kenaikan UMK Kabupaten Banjarnegara menjadi paling rendah di mana menggunakan upah minimum Provinsi karena hasil perhitungan UMK di bawah Upah Minimum Provinsi Tahun 2023.

“Prosentase kenaikan terendah sebesar 6,4% di Kabupaten Kudus karena pertumbuhan ekonomi pada angka negatif sehingga sesuai ketentuan kenaikan sebesar inflasi. Untuk prosentase kenaikan tertinggi 7,95% di Kota Semarang,” tutur Ganjar.

Ganjar menuturkan terjadi berbagai dinamika dalam proses penetapan UMK tersebut. Di antaranya perbedaan usulan dari kabupaten/kota di Jawa Tengah. Ganjar menegaskan diskusi terus dilakukan selama proses sebelum penetapan.

“Kalau kita pakai PP itu jauh lebih sedikit ya. Jadi ini kita agak lebih tinggi, kalau nggak salah kalau dari UMP itu Jawa Tengah tertinggi lho persentase kenaikannya,” ucap Ganjar. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here