Kakor Sabhara Baharkam Polri Irjen Pol Priyo Widyanto (tengah) saat berada di Pospam Simpang Taman Bawen, Kabupaten Semarang, Sabtu (24/12/2022) sore. FOTO:UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM, BAWEN- Kakor Sabhara Baharkam Polri Irjen Pol Priyo Widyanto di dampingi Dir Samapta Baharkam Polri Brigjen Pol Rudi Antariksawan memantau arus di depan Pospam Simpang Taman Bawen dalam rangka pengamanan lalu lintas mudik lebaran Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Sabtu (24/12/2022) sore.

Turut mendampingi rombongan Baharkam Polri ini Wakapolres Semarang Kompol Sigit Ari Wibowo mewakili Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatika H.A.

Dipilih pantauan di Simpang Taman Bawen, Kabupaten Semarang karena merupakan pertemuan arus lalu lintas dari dan menuju 3 kota besar yakni Jogja, solo dan Semarang (Joglosemar).

Irjen Priyo menyampaikan pihaknya diberi tanggung jawab memantau jalur arteri non Tol sepanjang Jawa Barat hingga Jawa Timur dalam pelaksanaan Operasi Lilin 2022.

“Seperti terlihat (di Simpang Bawen, red) ini padat ya, berbeda dengan kemarin. Mungkin hari ini puncak arus lalu lintas pengendara mudik Nataru,” ujar Irjen Priyo dalam keterangannya kepada wartawan.

Meski arus lalu lintas cukup padat, Irjen Priyo menuturkan, semua jalur terhitung masih lancar tanpa ada rekayasa yang dilakukan petugas fungsi lalu lintas di lapangan.

Irjen Priyo juga menambahkan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan para Dir. Lantas maupun Kasat Lantas sepanjang jalur mulai Jawa Barat hingga Jawa Timur, untuk memantau dan melakukan rekayasa sesuai dengan TFG (Tactical Game Floor) penanganan kemacetan di jalur arteri.

“Sesuai arahan sudah kita berikan, apabila jalur arteri maupun tol sudah mulai mengalami kemacetan, maka akan dilakukan Contra Flow atau One Way Traffic sesuai dengan kondisi wilayah masing-masing,” tandasnya.

Selain itu, Irjen Priyo meminta kewaspadaan terhadap pasar tumpah, meski tidak terlalu banyak jumlahnya tetap dilakukan antisipatif. Juga pengamanan di jalur wisata yang banyak dikunjungi wisatawan perlu dilakukan penilaian resiko kerawanan kemacetan.

Sebelumnya, Jendral Bintang Dua ini juga melihat kesiapan anggota Polres Cirebon Kota yang sedang berjaga di Pos Terpadu GTC – Grage jalan Gunung Sari, serta memantau peningkatan volume kendaraan pemudik yang melintasi Cirebon.

Ia berharap kondisi lalu lintas tetap aman dan lancar hingga pelaksanaan pengamanan arus lalu lintas tanggal 2 Januri 2023 mendatang. Begitu juga kondusifitas keamanan tetap terjaga sampai perayaan ibadah Natal dan Tahun Baru.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk tidak memaksakan diri keluar rumah. Namun, apabila memang harus berpergian merayakan natal di kampung halaman dan wisata agar berhati-hati. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here