Bupati Semarang H Ngesti Nugaraha membuka Muscab PAPDESI Kabupaten Semarang di pendapa rumah dinas Bupati Jalan Ahmad Yani Ungaran, Selasa (29/8/2023). FOTO:UNGARANNEWS

RUMAH DINAS. UNGARANNEWS.COM- Musyawarah Cabang (Muscab) Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) Kabupaten Semarang telah berlangsung lancar dan sukses di pendapa rumah dinas Bupati Semarang Jalan Ahmad Yani Ungaran, Selasa (29/8/2023).

Bupati Semarang Ngesti Nugraha dalam sambutan pembukaan Muscab mengingatkan para Kepala Desa dan Perangkat Desa, untuk memberikan prioritas penanganan kemiskinan ekstrem di wilayahnya. Selain itu, pengurangan kasus tengkes (stunting) dan pemberdayaan warga lanjut usia juga harus mendapat perhatian.

“Pengelolaan dana desa juga harus menyentuh penanganan kemiskinan ekstrem, stunting, maupun kesejahteraan warga lansia. Jadi jangan hanya untuk infrastruktur saja,” kata Bupati H Ngesti Nugraha.

Disampaikan, para aparatur pemerintah desa juga diminta terus membuat inovasi mengembangkan semua potensi desa, sehingga dapat dicapai kesejahteraan warga secara merata. Terpenting, dapat terjaga kerukunan di tingkat desa. Sebab, hal itu dapat menciptakan situasi Kabupaten Semarang yang kondusif, sehingga Pembangunan daerah dapat berjalan lancar.

Tak hanya itu, lanjut bupati, pihaknya juga berencana memberikan tambahan Penghasilan Tetap (Siltap) bagi aparatur desa pada 2024 mendatang. Karenanya, dia meminta para aparatur desa dapat bekerja sesuai regulasi yang ada. Mereka juga diimbau tidak terprovokasi adanya fitnah dan berita bohong, yang mulai menjamur menjelang tahun politik nanti.

“Siapapun yang memimpin PAPDESI nantinya, harus mengutamakan kekompakan dan komunikasi yang baik antaranggota. Sehingga, desa tetap kondusif dan pasti Kabupaten Semarang juga kondusif,” tegasnya.

Ketua DPP Papdesi Wargiyati berharap, pengurus baru tetap kompak, sehingga mampu menampung aspirasi anggota dan terutama masyarakat desa. “Dengan begitu, semoga Kabupaten Semarang semakin maju dan sejahtera,” ujarnya.

Berdasarkan hasil Muscab II DPC PAPDESI yang diikuti sebanyak 208 Kepala Desa dan perwakilan Perangkat Desa, berhasil memilih Kepala Desa Sendang, Bringin, Samsudin sebagai ketua periode 2023-2028, menggantikan pimpinan sebelumnya Sjaichul Hadi yang sudah habis masa jabatannya.

Ketua DPC Papdesi 2023-2028, Samsudin menyatakan siap menjalankan program PAPDESI yang selama ini sudah dirumuskan pengurus sebelumnya, dan siap menyukseskan dengan membuat program-program tambahan baru.

“Kami siap membantu mengatasi kemiskinan ekstrem dan persoalan sosial ekonomi lainnya. Kami akan segera mengumpulkan data agar mudah ditindaklanjuti. Kondisi itu merupakan gambaran umum kesejahteraan warga desa yang harus diperhatikan,” ujarnya. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here